17/07/2016

Wajib Tahu, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbagi Foto Anak di Hari Pertama Sekolah

Wajib Tahu, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbagi Foto Anak di Hari Pertama Sekolah - Senin, 18 Juli 2016 merupakan hari pertama masuk sekolah dan dimulainya tahun pelajaran 2016/2017. Para orangtua pasti sudah bersemangat mengantarkan anak ke sekolah dan menyapa guru-guru. Pada momen bahagia seperti ini, biasanya orangtua juga bersemangat mengunggah foto-foto seru bersama anak ke berbagai akun media sosial (medsos) pribadi. Namun, perlu diingat bahwa ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengunggah foto anak di medsos.

Wajib Tahu, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbagi Foto Anak di Hari Pertama Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) menghimbau agar kebiasaan tersebut tidak dilakukan. Hal itu terutama untuk menghindari terjadinya risiko kejahatan yang mungkin dapat menimpa anak. Sejumlah risiko tersebut antara lain kejahatan faedofilia (predator anak), perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas, dan lain-lain.

Wajib Tahu, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbagi Foto Anak di Hari Pertama Sekolah

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk berbagi foto anak di medsos, Kemendikbud minta para orang tua untuk memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut:
  1. Jangan memasang identitas lengkap anak seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dan lain-lain.
  2. Pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saar memutuskan memasang foto anak.
  3. Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis privasi dan peredaran foto.
  4. Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia mendapatkan pelecehan, penghinaan, dan perundungan.
  5. Pikirkan dari sisi anak, apakah ia akan senang dengan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih.
  6. Jangan memasang foto anak lain tanpa seizing orang tuanya.
  7. Ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati saat memasang foto anak.

Ada banyak cara merayakan dan berbagi keseruan Hari Pertama Sekolah dan momen-momen lain dengan anak tanpa membahayakan dirinya.

Yuk kita pelajari dan bagikan!

Sumber : www.facebook.com/Kemdikbud.RI/