17/07/2016

Usai Liburan, Ini Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah

Usai Liburan, Ini Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah - Masa liburan telah usai, kini saatnya anak-anak kembali ke sekolah. Liburan sekolah merupakan saat yang menyenangkan bagi anak-anak, karena di masa liburan sekolah anak-anak bisa memiliki waktu yang bisa diisi dengan kegiatan yang mereka sukai setelah kegiatan sekolah berbulan-bulan yang padat dengan belajar dan aktivitas terkait lainnya.

Usai Liburan, Ini Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah

Di masa liburan sekolah biasanya anak-anak mengisinya dengan bersantai di rumah maupun pergi berwisata ke suatu tempat. Tidak jarang juga keluarga yang meluangkan waktu untuk mengunjungi sanak family maupun kerabat lainnya. Namun, liburan sekolah yang menyenangkan ternyata tidak selalu menimbulkan efek positif saat anak harus memulai kembali hari pertama masuk sekolah.

Anak-anak biasanya akan malas bangun tidur hingga tidak mau sekolah. Selain itu, ada juga yang malas-malasan di hari pertama masuk sekolah karena cenderung masih terbiasa dengan kegiatan sehari-sehari yang santai saat liburan sekolah.

Sebagai orang tua hendaknya harus dapat tetap memberikan semangat untuk anak agar anak semangat saat kembali ke sekolah. Berikut tips yang dapat dilakukan agar anak kembali bersemangat untuk memulai hari pertama masuk sekolah.

1. Biasakan Tidur Lebih Awal
Liburan sekolah yang panjang sering membuat anak tidak tidur seperti jadwal biasanya karena keesokan harinya tidak harus pergi ke sekolah, sehingga anak-anak merasa dapat tidur larut malam. Kebiasaan ini sebaiknya tidak lakukan dan anak sebaiknya tetap tidur di jadwal seperti biasa seperti ketika saat tidak libur panjang. Usahakan untuk mengatur jadwal tidur awal beberapa hari atau minggu sebelum anak-anak kembali masuk sekolah.

2. Tidak Bangun Kesiangan
Di saat libur panjang, siapa yang tidak suka bangun siang? Begitu juga anak anak yang senang bangun siang karena mereka tidak harus bangun di pagi hari untuk bersekolah, dan terkadang kebiasaan bangun kesiangan ini berlanjut hingga hari pertama masuk sekolah. Biasakan beberapa hari atau minggu sebelum hari pertama masuk sekolah agar anak tidak bangun kesiangan dan bangun pagi secara rutin seperti biasanya.

3. Menyiapkan Perlengkapan Sekolah
Mempersiapkan perlengkapan sekolah beberapa hari sebelum hari pertama sekolah setelah libur sekolah alangkah lebih baik. Misalnya menyiapkan seragam sekolah yang telah tercuci dan terseterika rapi, hingga alat tulis dan perlengkapan lainnya. Menyiapkan perlengkapan sekolah lebih awal dimaksudkan agar anak tahu bahwa hari masuk sekolah sudah dekat dan tidak bermalas-malasan.

4. Tetap Belajar
Di saat liburan panjang, sebagian besar anak mungkin memilih untuk bersenang-senang dan sesaat melupakan kegiatan belajar yang selama ini rutin dilakukan. Sebagai orang tua hendaknya dapat menyarankan mereka untuk tetap belajar meski tidak sesering biasanya, misalnya 3 kali seminggu dengan membuka kembali pelajaran sekolah maupun mempersiapkan pelajaran yang akan mereka dapatkan di kelas baru nantinya.

5. Pernak-pernik Perlengkapan Sekolah
Untuk membuat anak-anak tetap bersemangat saat kembali ke sekolah, hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan membelikan mereka beberapa pernak pernik perlengkapan sekolah yang baru. Seperti kotak pensil, botol minum atau tas dan lain sebagainya. Pilihlah pernak-pernik perlengkapan sekolah yang sesuai dengan motif dan warna kesukaan mereka untuk membangkitkan keceriannya kembali ke sekolah.

6. Mengisi Liburan Sekolah dengan Kegiatan yang Bermanfaat
Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan atau aktifitas yang berhubungan dengan pelajaran bagi anak di kelasnya dapat menjadi cara ampuh agar anak semangat untuk kembali ke sekolah. Isilah liburan sekolah dengan kegiatan yang mendidik seperti pergi ke museum atau situs sejarah, membuat eksperimen, membuat hasil kerajinan tangan, berlatih musik, hingga tebak-tebakan ilmu pengetahuan.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak tetap bersemangat untuk memulai kembali hari pertama masuk sekolah.