24/05/2016

Sekilas Singkep

Sekilas Singkep
Sekilas Singkep - Singkep merupakan nama sebuah pulau yang berada di wilayah Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Singkep dalam perjalanan sejarahnya dahulu dikenal sebagai salah satu pulau penghasil tambang timah di Indonesia selain Bangka dan Belitung, namun seiring berjalannya waktu hasil tambang yang dihasilkan Pulau Singkep mulai berkurang. Hal itu ditandai dengan telah tutupnya perusahaan penambangan timah di Pulau Singkep yang telah beroperasi lebih kurang sejak tahun 1812-1992.

Dewasa ini tahun 2016 Pulau Singkep kembali mulai mengalami perkembangan. Dari sisi pemerintahan yang dahulunya Pulau Singkep hanya terdiri dari satu kecamatan yakni Kecamatan Singkep yang beribu kota di Dabo Singkep, kini setelah terjadinya pemekaran wilayah dan sebagai bagian dari wilayah Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Singkep saat ini terdiri dari empat kecamatan yakni Kecamatan Singkep, Kecamatan Singkep Barat, Kecamatan Singkep Pesisir dan Kecamatan Singkep Selatan.

Pulau Singkep dari sisi sarana prasarana yang ada saat ini bisa dikatakan cukup memadai walaupun sebagian merupakan peninggalan dari perusahaan penambangan timah yang dulu pernah beroperasi, yang sekarang sebagian sarana prasarana tersebut telah mengalami renovasi. Pelabuhan laut yang ada, bandar udara yang terletak dan berpusat di Dabo Singkep dapat menjadi sarana perhubungan yang bisa menghubungkan dengan daerah lain, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan masih terdapat banyak lagi sarana prasarana yang ada seperti sarana komunikasi, pendidikan, olahraga, pariwisata, penginapan, bank, dan lainnya.

Pulau Singkep merupakan pulau yang aman, tenang, dan damai, dimana akan ada karisma tersendiri apabila telah menginjakkan kaki di Pulau Singkep.

Pulau Singkep Elok di Mate, Laksane Intan dan Permate, Maaf Dipinte Beribu Bahase, Jikale Ade Tesilap Kate dan Bahase. Satu harapan ke depan semoga Pulau Singkep dapat menjadi lebih maju dari sekarang.

Source Image : Google