23/05/2016

Cara Cek Status NUPTK Aktif di gtk.data.kemdikbud.go.id

Cara Cek Status NUPTK Aktif di gtk.data.kemdikbud.go.id - Status keaktifan NUPTK tahun 2016 bagi seorang GTK dapat dilihat dan di cek secara online melalui web Informasi GTK di alamat http://gtk.data.kemdikbud.go.id. Melalui web Informasi GTK ini tersedia fasilitas layanan bagi GTK untuk melihat dan mengecek status keaktifan NUPTK yang dimiliki.

Pengertian NUPTK

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh Ditjen GTK dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut.

Melihat dan mengecek Status NUPTK Aktif di gtk.data.kemdikbud.go.id

Melalui web gtk.data.kemdikbud.go.id, Status NUPTK bagi seorang GTK Kemendikbud/Kemenag dapat ditelusuri berdasarkan nomor NUPTK. Arsip NUPTK yang ditampilkan merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI. Untuk melihat dan mengecek status keaktifan NUPTK yang dimiliki berikut langkahnya.

Cara Cek Status NUPTK Aktif di gtk.data.kemdikbud.go.id


1. Kunjungi http://gtk.data.kemdikbud.go.id;
2. Buka Menu Status NUPTK;
3. Ketik/isikan NUPTK yang dimiliki lalu tekan enter atau klik pada tombol pencarian.

Adapun data yang ditampilkan pada hasil pengecekan status NUPTK sebagai berikut :


Klik tautan ini untuk melihat Syarat dan Ketentuan NUPTK, di tautan ini untuk melihat Mekanisme NUPTK.