21/11/2017

Surat Edaran MenPANRB Tentang GERMAS Di Lingkungan Instansi Pemerintah

Surat Edaran MenPANRB Tentang GERMAS Di Lingkungan Instansi Pemerintah - Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi (MenPANRB) Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Surat Edaran MenPANRB Tentang GERMAS Di Lingkungan Instansi Pemerintah
Surat Edaran MenPANRB Tentang GERMAS Di Lingkungan Instansi Pemerintah

Berikut kutipan isi Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi (MenPANRB) Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Menindakanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan dalam rangka mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di lingkungan Instansi Pemerintah, bersama ini dengan hormat agar pimpinan instansi melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Mewajibkan kegiatan olahraga bersama secara rutin dengan melakukan senam bersama setiap hari jumat pagi setiap minggunya.
  2. Mewajibkan kepada seluruh pegawai untuk melakukan peregangan selama 5 menit setiap 2 jam ditandai dengan bunyi baik berupa musik, alarm, maupun hal lain yang dikhususkan untuk memberikan instruksi peregangan kesehatan kerja.
  3. Menyediakan sarana aktifitas fisik bagi seluruh pegawai yang ingin berolahraga baik sebelum jam kerja maupun setelah jam kerja.
  4. Memberikan pelayanan dan fasilitas deteksi dini penyakit secara rutin kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dengan cara melakukan pemantauan melalui pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara berkala sekurang-kurangnya 1 kali dalam 1 tahun.
  5. Menyediakan sarana ruang laktasi/menyusui dan perlengkapannya di lingkungan Instansi Pemerintah.
  6. Menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di seluruh gedung Instansi Pemerintah.
  7. Menyajikan menu makanan tradisional yang sehat seperti sayur mayur lokal, dan konsumsi camilan/makanan ringan buah-buahan produksi dalam negeri maupun makanan lokal seperti singkong rebus, jagung rebus, pisang rebus dan kacang-kacangan pada penyelenggaraan pertemuan/rapat di dalam atau luar kantor.
Dalam pelaksanaan Surat Edaran ini agar meneruskan kepada seluruh jajaran instansi di bawahnya sampai dengan unit organisasi terkecil untuk melaksanakan dan mematuhi ketentuan dalam Surat Edaran ini secara konsisten dan sungguh-sungguh, serta melakukan pemantauan dan evatuasi secara berkala dan melaporkan hasilnya kepada Kementerian PANRB.

Link tautan mengunduh Surat Edaran MenPANRB tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Lingkungan Instansi Pemerintah ini silahkan kunjungi di sini.