02/02/2018

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018 Tingkat Pelajar SMA/MA/SMK Sederajat

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018 Tingkat Pelajar SMA/MA/SMK Sederajat - Sejarah adalah pembentuk jati diri bangsa. Apa dan bagaimana bangsa Indonesia kini merupakan hasil dari proses panjang sejarah. Dalam sejarah terkandung nilai yang mendalam bagi kehidupan baik sebagai individu, anggota masyarakat, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu sejarah merupakan hal penting untuk selalu diingat dan menjadi modal pengambilan keputusan pada masa kini dan yang akan datang serta bermakna sebagai guru berharga yang berasal dari pengalaman masa lalu.

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018 Tingkat Pelajar SMA/MA/SMK Sederajat
Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018

Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menanamkan karakter bangsa Indonesia melalui pendidikan sejarah, di tahun 2018 ini kembali menggelar Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) dengan total hadiah Rp200 juta.

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah adalah lomba di bidang audiovisual yang mengangkat sejarah maupun budaya masyarakat lokal di sekitar peserta. Lomba ini bertujuan agar siswa aktif dalam mencari sumber sejarah yang tersedia di sekitar lingkungannya, baik itu berupa peristiwa sejarah lokal, tempat-tempat bersejarah, bangunan bersejarah, tokoh daerah/pelaku dan saksi sejarah/veteran pejuang kemerdekaan. Sumber sejarah yang telah mereka dapatkan kemudian dikemas dalam bentuk audiovisual.

Generasi muda sebagai bagian dari bangsa perlu mengetahui sejarah bangsanya. Oleh karena itu dengan merekam dan membuat karya sendiri, generasi muda diharapkan akan lebih mengenal sejarah dan budayanya, sehingga muncul rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, yang pada akhirnya menumbuhkan tanggung jawab untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan ini sejalan dengan kurikulum sekolah yang bermuatan lokal dimana hasilnya dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang menarik.

Tema yang diangkat dalam Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Tahun 2018 adalah "Sejarah Identitas Negeriku: Anak Muda Melek Sejarah", Dari tema tersebut, ada tiga topik yang bisa dipilih peserta, yaitu Sejarah Lokal (Tokoh dan Peristiwa) dan Sosial; Sejarah Warisan Budaya (Bangunan Sejarah); dan Sejarah Olahraga (Tokoh, Perkumpulan, Aktivitas, Olahraga Tradisional). Lomba ini diperuntukkan bagi pelajar pendidikan menengah (SMA/SMK/MA) di seluruh Indonesia. Setiap tim/kelompok terdiri dari tiga orang.

Sosialisasi dan waktu pengumpulan proposal Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah dilakukan mulai 29 Januari s.d 29 Maret 2018. Seleksi proposal lomba dilakukan pada 2 April 2018 oleh tim juri yang terdiri dari perwakilan Direktorat Sejarah Kemendikbud, sejarawan, antropolog, pakar bidang dokumenter. Tim juri akan memilih 60 proposal terbaik yang akan diumumkan di laman https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditsejarah.

Peserta yang proposalnya dinyatakan lolos akan dihubungi oleh panitia pada April 2018 untuk mengikuti lokakarya (workshop) perekaman. Peserta lokakarya terdiri dari 60 tim, dengan komposisi 20 tim di Medan, 20 tim di Bogor, dan 20 tim di Makassar dengan rentang waktu pelaksanaan 18 April s.d 19 Mei 2018. Lokasi lokakarya akan disesuaikan berdasarkan domisili tempat tinggal peserta.

Setidaknya ada tiga kriteria penilaian proposal, yakni Substansi Sejarah dan Budaya; Kesesuaian Alur Cerita (Skenario); dan Ide dan Kreativitas. Untuk informasi lebih detail, Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018 bisa diunduh di sini.

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah bertujuan untuk mendorong rasa cinta dan kebanggaan generasi bangsa terhadap nilai-nilai sejarah bangsa, serta meningkatkan pemahaman dan kebanggaan terhadap kebinekaan. Lomba ini juga diharapkan dapat menyalurkan minat dan kreativitas generasi muda di bidang audiovisual, serta memotivasi pelajar untuk menghasilkan karya seni yang bermuatan sejarah, sehingga sejarah mampu dikemas dengan lebih inovatif dan atraktif.

Adapun selengkapnya untuk info resmi Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) Tahun 2018 ini dapat di lihat dan silahkan kunjungi di tautan berikut ini (di sini atau di sini).