01/07/2017

Mengenal Makna Logo HUT RI Ke-72 Tahun 2017

Mengenal Makna Logo HUT RI Ke-72 Tahun 2017 - Pemerintah secara resmi telah merilis logo yang akan digunakan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 pada Agustus mendatang. Logo HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 menggunakan angka 72 dan kata-kata "INDONESIA KERJA BERSAMA".

Mengenal Makna Logo HUT RI Ke-72 Tahun 2017
(Logo HUT RI Ke-72 Tahun 2017 / Kemensetneg)

Penyampaian Logo HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 tertuang dalam Surat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dengan Nomor : B-1623/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/06/2017 tertanggal 8 Juni 2017 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, yang ditujukan kepada Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Pimpinan Lembaga Non Struktural, Para Gubernur Provinsi di seluruh Indonesia, dan Para Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia.

Melalui surat tersebut Kemensetneg meminta kepada seluruh pimpinan lembaga negara tersebut untuk memperbanyak dan mensosialisasikannya ke instansi masing-masing serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum tentang Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 ini.

Secara resmi, softcopy Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 dapat diunduh melalui website Kementerian Sekretariat Negara di www.setneg.go.id.

Bersama dengan surat Kemensetneg tersebut juga dijelaskan mengenai konsep dan makna logo serta slogan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017. Ingin mengenalinya, berikut makna Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.

Logo '72 TAHUN INDONESIA KERJA BERSAMA' menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Angka '7' pada logo merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal tersebut melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.

Letak dan posisi angka '2' pada logo yang terlihat merangkul angka '7' merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Bentuk angka '2' juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.

Sementara itu, slogan yang digunakan "Kerja Bersama, Bersama Kerja". Penggunaan slogan memiliki maksud sebagai berikut.

"Kerja Bersama" menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan juga memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Sedangkan "Bersama Kerja" menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Berikut link tautan untuk mengunduh Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.

Unduh Logo Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di tautan ini atau untuk info kunjungi laman resmi Kemensetneg berikut ini www.setneg.go.id.